Syarat & Ketentuan bosOnline
Terakhir diperbarui: 25 September 2025
Selamat datang di situs/aplikasi bosOnline.
Syarat dan ketentuan yang ditetapkan di bawah ini merupakan perjanjian antara Pengguna (“Anda”) dengan PT Hadid Parama Indonesia (“bosOnline” atau “Kami”) yang mengatur hak, kewajiban dan tanggung jawab Pengguna terhadap penggunaan layanan, fitur, dan/atau jasa yang diakses oleh Pengguna melalui situs www.bosonline.com beserta segala situs turunannya dan/atau aplikasi berbasis Android atau iOS yang Kami kelola (“Situs/Aplikasi”). Pengguna disarankan membaca dengan seksama karena dapat berdampak kepada hak dan kewajiban Pengguna di bawah hukum.
Dengan mendaftar dan/atau menggunakan Situs/Aplikasi, maka Pengguna dianggap telah membaca, mengerti, memahami dan menyetujui semua isi dalam Syarat dan Ketentuan. Jika Pengguna tidak menyetujui salah satu, sebagian, atau seluruh isi Syarat dan ketentuan, maka Pengguna tidak diperkenankan mengakses dan/atau menggunakan Situs/Aplikasi.
1. Definisi
Untuk kejelasan, beberapa istilah dalam dokumen ini memiliki arti sebagai berikut:
- PT Hadid Parama Indonesia: Badan usaha yang menyediakan platform digital bosOnline, bergerak di bidang agregasi pengiriman dan teknologi informasi.
- Situs/Aplikasi: Platform www.bosonline.com milik PT Hadid Parama Indonesia yang dapat diakses melalui desktop site yang memungkinkan pengguna membuat, mengatur, dan menggunakan formulir pemesanan online.
- Pengguna: Pihak yang menggunakan layanan bosOnline, termasuk namun tidak terbatas pada pengguna terdaftar, Penjual, Pembeli, maupun pihak lain yang berkunjung ke Situs/Aplikasi tanpa mendaftar.
- Penjual: Pengguna terdaftar yang menggunakan layanan bosOnline untuk membuka toko online dan/atau melakukan penawaran atas suatu barang dan/atau jasa kepada pengguna Situs/Aplikasi bosOnline.
- Pembeli: Pengguna yang mengakses Situs/Aplikasi untuk melakukan permintaan atau transaksi atas Barang dan/atau Jasa dari Penjual, sesuai dengan mekanisme yang disediakan oleh Situs/Aplikasi.
- Produk: Barang atau jasa yang dibuat oleh Penjual menggunakan Situs/Aplikasi untuk dipasarkan ke Pembeli.
- Penyedia Pembayaran: Mitra pihak ketiga yang menyediakan sarana pembayaran elektronik, misalnya QRIS, Virtual Account, dan metode lainnya.
- Layanan Pembayaran COD: Metode pembayaran yang dilakukan secara tunai kepada pihak kurir saat barang sampai pada tujuan.
- Layanan Pembayaran NONCOD: Metode pembayaran yang dilakukan secara non-tunai melalui layanan payment gateway dan/atau transfer manual.
- Saldo: Fasilitas penampungan sementara atas dana milik Penjual (bukan fasilitas penyimpanan dana), yang disediakan bosOnline untuk menampung dana hasil penjualan Produk pada Situs/Aplikasi bosOnline. Dana ini hanya dapat ditarik ke akun bank yang terdaftar dan tidak dapat digunakan kembali untuk melakukan pembelian pada Situs/Aplikasi bosOnline
- Ketentuan Situs: Syarat dan Ketentuan Situs/Aplikasi, Kebijakan Privasi, dan setiap Syarat dan Ketentuan lain yang dapat berlaku untuk atau sehubungan dengan penggunaan Situs/Aplikasi dan seluruh fitur yang terdapat di dalamnya.
- Ketentuan Logistik bosCOD: syarat & ketentuan layanan logistik yang diterbitkan oleh bosOnline dan/atau mitra logistik, yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari dokumen ini.
- Layanan: Semua fitur dan fungsi yang ditawarkan oleh bosOnline, termasuk pembuatan formulir, pengaturan tema, notifikasi, dan pengelolaan data.
2. Registrasi dan Penggunaan Akun
- Kewajiban Informasi
- Pengguna harus berusia sekurang-kurangnya 18 tahun atau telah menikah. Jika belum, penggunaan Situs/Aplikasi harus dengan persetujuan orang tua/wali. Dengan mengakses Situs/Aplikasi, Pengguna dianggap telah memperoleh persetujuan tersebut.
- Pengguna memahami bahwa 1 (satu) nomor telepon hanya dapat digunakan untuk mendaftar 1 (satu) akun Pengguna bosOnline, kecuali bagi Pengguna yang telah memiliki beberapa akun dengan 1 (satu) nomor telepon sebelumnya.
- Pengguna dapat mengubah nama akun sesuai kesempatan yang ditetapkan bosOnline. Pengguna bertanggung jawab penuh atas perubahan tersebut, dan setiap perikatan yang telah ada sebelum perubahan nama tetap mengikat.
- PT Hadid Parama Indonesia berhak memverifikasi data tersebut dan dapat menangguhkan akun jika ditemukan ketidakakuratan atau pemalsuan informasi.
- Keamanan Akun
- Pengguna bertanggung jawab secara pribadi untuk menjaga kerahasiaan akun dan password untuk semua aktivitas yang terjadi dalam akun Pengguna.
- PT Hadid Parama Indonesia tidak akan meminta username, password, maupun kode 2FA (OTP) milik pengguna untuk alasan apapun, oleh karena itu PT Hadid Parama Indonesia menghimbau untuk tidak membagikan data sensitif lainnya kepada pihak yang mengatasnamakan PT Hadid Parama Indonesia atau pihak lain yang tidak dapa dijamin keamanannya.
- Pengguna setuju untuk memastikan bahwa Pengguna keluar dari akun di akhir setiap sesi dan memberitahu PT Hadid Parama Indonesia jika ada penggunaan tanpa izin atas sandi atau akun Pengguna.
- Pengguna menyatakan bahwa PT Hadid Parama Indonesia tidak bertanggung jawab atas kerugian ataupun kendala yang timbul atas penyalahgunaan akun akibat kelalaian pengguna, seperti membagikan akses login, memperlihatkan kode 2FA (OTP), email dan password ke pihak lain, maupun kelalaian Pengguna lainnya yang mengakibatkan kerugian ataupun kendala pada akun Pengguna.
- Hak Perusahaan
- PT Hadid Parama Indonesia tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada Pengguna, memiliki kewenangan untuk melakukan tindakan yang perlu atas setiap dugaan pelanggaran atau pelanggaran Syarat dan Ketentuan dan/atau hukum yang berlaku, yakni tindakan penghapusan Produk, pembatalan order, moderasi akun Pengguna, dan penutupan akun Pengguna.
- PT Hadid Parama Indonesia memiliki kewenangan untuk melakukan penyesuaian jumlah transaksi toko dan/atau melakukan proses moderasi/menutup akun Pengguna, jika diketahui atau diduga adanya kecurangan oleh Pengguna yang bertujuan memanipulasi data transaksi palsu.
3. Biaya dan Pembayaran
- Biaya Platform
- Biaya dari Penyedia Pembayaran sepenuhnya diinformasikan kepada Pengguna. PT Hadid Parama Indonesia dapat memotong biaya administrasi tertentu yang akan diberitahukan secara jelas kepada Pengguna.
- Biaya hanya timbul dari penggunaan fasilitas pembayaran elektronik yang disediakan Penyedia Pembayaran.
- Transparansi
- Setiap biaya dari Penyedia Pembayaran akan diinformasikan sebelum transaksi diproses.
- PT Hadid Parama Indonesia tidak mengambil keuntungan dari biaya tersebut.
4. Aturan Penggunaan Layanan
- Transaksi Penjualan
- PT Hadid Parama Indonesia berhak sewaktu-waktu melakukan perubahan, peningkatan, atau pembaruan atas sistem, fitur, dan/atau platform untuk tujuan peningkatan layanan, pengalaman Pengguna, keamanan, kebutuhan operasional, serta pemenuhan ketentuan hukum yang berlaku.
- Penjual dilarang melakukan penawaran atau menjual Barang terlarang sesuai dengan yang telah ditetapkan pada ketentuan nomor 3. Aturan Penggunaan Layanan huruf C. Jenis Barang dan Jasa.
- Penjual dilarang mencantumkan syarat yang bertentangan dengan ketentuan perundang-undangan atau Syarat & Ketentuan bosOnline, termasuk namun tidak terbatas pada penolakan komplain, retur, refund, atau pengalihan tanggung jawab.
- Penjual menyetujui dan memahami bahwa dengan menerima data informasi Pembeli yang terdapat dalam Situs/Aplikasi wajib menjaga kerahasiaan dan dilarang menyalahgunakan data informasi Pembeli dalam bentuk apapun. PT Hadid Parama Indonesia berhak, tanpa pemberitahuan sebelumnya, melakukan investigasi dan memberikan sanksi terhadap dugaan atau laporan penyalahgunaan data Pembeli.
- Penjual memahami dan menyetujui bahwa seluruh pajak sehubungan dengan transaksi Penjualan (namun tidak terbatas pada perubahan informasi toko dan/atau barang), akan dilaporkan dan diurus sendiri oleh masing-masing Penjual sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undang perpajakan yang berlaku di Indonesia.
- Apabila disepakati oleh Penjual dan Pembeli, penggunaan jasa logistik yang berbeda dari pilihan awal Pembeli dapat dilakukan (dengan ketentuan bahwa tarif pengiriman tersebut adalah di bawah tarif pengiriman awal).
- PT Hadid Parama Indonesia berwenang memotong kelebihan tarif pengiriman dari dana pembayaran Pembeli dan mengembalikan selisih kelebihan tarif pengiriman kepada Pembeli.
- Penjual memahami sepenuhnya dan menyetujui bahwa invoice yang diterbitkan adalah atas nama Penjual.
- Transaksi Pembelian
- Saat melakukan pembelian Produk, Pembeli menyetujui bahwa:
- Pembeli bertanggung jawab untuk membaca, memahami, dan menyetujui informasi/deskripsi keseluruhan Produk (termasuk namun tidak terbatas pada warna, kualitas, fungsi, dan informasi lain yang relevan) sebelum membuat tawaran atau komitmen untuk membeli.
- Pengguna masuk ke dalam kontrak yang mengikat secara hukum untuk membeli Produk ketika melakukan pembelian Produk.
- Kepemilikan hukum atas Produk dialihkan langsung dari Penjual kepada Pembeli. bosOnline hanya bertindak sebagai penyedia layanan teknologi dan/atau perantara pembayaran.
- Pembeli memahami sepenuhnya dan menyetujui bahwa segala transaksi yang dilakukan antara Pembeli dan Penjual merupakan tanggung jawab pribadi dari Pembeli.
- Pembeli menyetujui untuk tidak memberitahukan atau menyerahkan bukti pembayaran dan/atau data pembayaran kepada pihak lain selain PT Hadid Parama Indonesia atau kurir resmi dalam layanan COD. Dalam hal terjadi kerugian akibat pemberitahuan atau penyerahan bukti pembayaran dan/atau data pembayaran oleh Pembeli kepada pihak lain, maka hal tersebut akan menjadi tanggung jawab Pembeli.
- Pengguna memahami dan menyetujui jika ditemukan adanya indikasi kecurangan, pelanggaran Syarat dan Ketentuan PT Hadid Parama Indonesia atau ketentuan hukum yang berlaku, maka PT Hadid Parama Indonesia berwenang untuk melakukan tindakan-tindakan yang diperlukan termasuk namun tidak terbatas untuk melakukan pembatalan transaksi tanpa pemberitahuan sebelumnya.
- Saat melakukan pembelian Produk, Pembeli menyetujui bahwa:
- Jenis Barang dan Jasa
Berikut adalah daftar produk dan jasa yang dilarang untuk dijual dan/atau ditawarkan pada Situs/Aplikasi:
- Segala jenis obat-obatan maupun zat-zat lain yang dilarang ataupun dibatasi peredarannya menurut ketentuan hukum yang berlaku, termasuk namun tidak terbatas pada ketentuan Undang-Undang Narkotika, Undang-Undang Psikotropika, dan Undang-Undang Kesehatan. Termasuk pula dalam ketentuan ini adalah obat keras, obat-obatan yang memerlukan resep dokter, obat bius dan sejenisnya, atau obat yang tidak memiliki izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).
- Kosmetik dan makanan minuman yang membahayakan keselamatan penggunanya, ataupun yang tidak mempunyai izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).
- Bahan yang diklasifikasikan sebagai Bahan Berbahaya menurut Peraturan Menteri Perdagangan yang berlaku.
- Jenis Produk tertentu yang wajib memiliki:
- SNI;
- Petunjuk penggunaan dalam Bahasa Indonesia; atau
- Label dalam Bahasa Indonesia.
- Barang-barang lain yang kepemilikannya ataupun peredarannya melanggar ketentuan hukum yang berlaku di Indonesia.
- Barang yang merupakan hasil dan/atau terkait pelanggaran Hak Cipta atau Merek, termasuk namun tidak terbatas pada:
- Penggunaan Merek pihak lain tanpa izin, termasuk namun tidak terbatas pada pada nama, deskripsi, video, atau foto produk;
- Barang palsu / imitasi / bajakan;
- Penggunaan hak cipta pihak lain tanpa izin pada Barang yang dijual;
- Pelanggaran hak cipta pihak lain tanpa izin pada gambar, video, atau deskripsi produk; dan/atau
- Pelanggaran hak kekayaan intelektual lainnya pada Barang yang dijual.
- Barang dewasa yang bersifat seksual berupa obat perangsang, alat bantu seks yang mengandung konten pornografi, serta obat kuat dan obat-obatan dewasa, baik yang tidak memiliki izin edar BPOM maupun yang peredarannya dibatasi oleh ketentuan hukum yang berlaku.
- Minuman beralkohol.
- Segala bentuk tulisan yang dapat berpengaruh negatif terhadap pemakaian Situs/Aplikasi ini.
- Pakaian dalam bekas.
- Senjata api, senjata tajam, senapan angin, dan segala macam senjata.
- Dokumen pemerintahan dan perjalanan.
- Seragam pemerintahan.
- Bagian/Organ manusia.
- Mailing list dan informasi pribadi.
- Barang-Barang yang melecehkan pihak/ras tertentu atau dapat merendahkan martabat orang lain.
- Pestisida, kecuali pestisida untuk penggunaan yang telah mempunyai nomor pendaftaran dan izin dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia.
- Atribut kepolisian.
- Barang hasil tindak pencurian.
- Pembuka kunci dan segala aksesori penunjang tindakan perampokan/pencurian.
- Barang yang dapat dan atau mudah meledak, menyala atau terbakar sendiri.
- Barang cetakan/rekaman yang isinya dapat mengganggu keamanan & ketertiban serta stabilitas nasional.
- Hewan berbahaya dan/atau Hewan yang dilindungi, Penjual dan Pembeli wajib memperhatikan ketentuan penjualan hewan peliharaan pada Situs/Aplikasi.
- Uang tunai termasuk valuta asing kecuali Penjual memiliki dan dapat mencantumkan izin sebagai Penyelenggara Kegiatan Usaha Penukaran Valuta Asing Bukan Bank berdasarkan Peraturan Bank Indonesia No.18/20/PBI/2016 dan/atau peraturan lainnya yang terkait dengan penukaran valuta asing.
- Materai, kecuali materai tempel yang dijual oleh Penjual yang merupakan pihak yang ditunjuk secara resmi oleh PT Pos Indonesia (Persero) untuk menjual meterai tempel melalui Situs/Aplikasi.
- Pengacak sinyal, penghilang sinyal, dan/atau alat-alat lain yang dapat mengganggu sinyal atau jaringan telekomunikasi
- Perlengkapan dan peralatan judi.
- Jimat-jimat, benda-benda yang diklaim berkekuatan gaib dan memberi ilmu kesaktian.
- Barang dengan hak Distribusi Eksklusif yang hanya dapat diperdagangkan dengan sistem penjualan langsung oleh penjual resmi dan/atau Barang dengan sistem penjualan Multi Level Marketing.
- Dokumen-dokumen resmi seperti Sertifikat Toefl, Ijazah, Surat Dokter, Kwitansi, dan lain sebagainya
- Segala jenis Produk lain yang bertentangan dengan peraturan pengiriman Barang Indonesia.
- Barang-Barang lain yang melanggar ketentuan hukum yang berlaku di Indonesia.
- Alat Kesehatan hanya boleh diperdagangkan jika memiliki izin edar resmi dari Kementerian Kesehatan RI. Alat Kesehatan tanpa izin edar dilarang.
- Peninjauan Konten
- Dalam menggunakan setiap fitur dan/atau layanan di Situs/Aplikasi, Pengguna dilarang untuk mengunggah atau mempergunakan kata-kata, komentar, gambar, video atau konten apapun yang mengandung unsur SARA, diskriminasi, merendahkan atau menyudutkan orang lain, vulgar, bersifat ancaman, beriklan atau melakukan promosi ke situs selain Situs bosOnline, atau hal-hal lain yang dapat dianggap tidak sesuai dengan nilai dan norma sosial maupun berdasarkan kebijakan yang ditentukan sendiri oleh PT Hadid Parama Indonesia. PT Hadid Parama Indonesia berhak melakukan tindakan yang diperlukan atas pelanggaran ketentuan ini, antara lain penghapusan konten, moderasi akun, pemblokiran akun, dan lain-lain.
- Pengguna dengan ini memahami dan menyetujui bahwa penyalahgunaan foto/gambar yang di unggah oleh Pengguna adalah tanggung jawab Pengguna secara pribadi.
- Penjual menjamin foto/gambar yang diunggah tidak termasuk konten yang dilarang berdasarkan Poin d.(i) atau melanggar hak milik pihak lain. Apabila didapati foto/gambar melanggar konten berdasarkan Poin d.(i) atau terdapat laporan pelanggaran hak milik pihak lain, maka PT Hadid Parama Indonesia berhak melakukan tindakan yang diperlukan atas pelanggaran ketentuan ini, termasuk namun tidak terbatas pada penghapusan konten dan/atau tindakan lainnya yang perlu dilakukan.
- PT Hadid Parama Indonesia berhak sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya, untuk mengambil tindakan berupa penurunan reputasi toko atau moderasi toko, apabila Penjual diduga melakukan manipulasi konten sebagaimana diatur pada ketentuan nomor 3. Aturan Penggunaan Layanan huruf C. Jenis Barang dan Jasa.
- Ketentuan Anti Pencucian Uang
- Pengguna harus mematuhi semua hukum, peraturan, dan perintah yang berlaku saat ini atau di masa mendatang yang berkaitan dengan pencucian uang atau pendanaan atau dukungan terorisme, atau pencegahan pencucian uang atau pendanaan dan dukungan terorisme (“Hukum Anti Pencucian Uang”) sehubungan dengan pelaksanaan Syarat dan Ketentuan ini.
- Pengguna menyatakan dan menjamin bahwa:
- operasi bisnisnya selalu, dan telah, dilakukan sesuai dengan Hukum Anti Pencucian Uang; dan
- pelaksanaan kewajibannya berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini tidak melanggar hukum atau merupakan penggelepan, penghindaran, atau pengelakan berdasarkan Hukum Anti Pencucian Uang.
- Pengguna harus sehubungan dengan kepatuhannya terhadap semua Undang-Undang Anti Pencucian Uang yang berlaku berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini:
- mengizinkan PT Hadid Parama Indonesia untuk mencari informasi dan melakukan survei dan audit, dan harus bekerja sama sepenuhnya dengan setiap permintaan informasi, survei, dan audit secara tepat waktu, termasuk menyediakan dokumen dan personel yang relevan; dan
- memberi tahu PT Hadid Parama Indonesia tentang setiap aktivitas pencucian uang atau pendanaan teroris yang sebenarnya, potensial, atau diduga terkait dengan Syarat dan Ketentuan ini dalam jangka waktu yang wajar.
- Pengguna memahami dan setuju bahwa setiap ketidakpatuhan terhadap Undang-Undang Anti Pencucian Uang akan merupakan pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan ini dan memberi hak kepada PT Hadid Parama Indonesia untuk mengambil tindakan apa pun yang tersedia berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini, termasuk melaporkan Pengguna kepada otoritas terkait. Pengguna juga harus mengganti rugi atas kerugian apa pun yang dialami PT Hadid Parama Indonesia dan afiliasinya yang timbul dari pelanggaran Undang-Undang Anti Pencucian Uang oleh Pengguna. Apabila pelanggaran Undang-Undang Anti Pencucian Uang dapat dihukum dengan tindak pidana, Pengguna bertanggung jawab penuh untuk menindaklanjuti proses hukum tersebut.
5. Pengiriman Produk Fisik
- Tarif Pengiriman
Penjual memahami dan mengerti bahwa PT Hadid Parama Indonesia telah melakukan usaha sebaik mungkin dalam memberikan informasi tarif pengiriman kepada Pembeli berdasarkan lokasi secara akurat, namun PT Hadid Parama Indonesia tidak dapat menjamin keakuratan data tersebut.
Pengguna diharapkan untuk memasukkan alamat pengiriman dengan lengkap dan benar untuk memaksimalkan akurasi tarif PT Hadid Parama Indonesia.
Pengguna memahami dan menyetujui bahwa selisih biaya pengiriman Produk adalah di luar tanggung jawab PT Hadid Parama Indonesia, dan oleh karena itu, apabila terdapat perbedaan tarif pengiriman, Penjual dapat bernegosiasi dengan Pembeli untuk menyepakati kelanjutan transaksi.
- Pengiriman Produk
- Proses pengiriman Produk akan diatur dan dilakukan menggunakan layanan logistik dari bosCOD yang telah bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan logistik (“Penyedia Logistik”). Apabila Penjual menggunakan jasa perusahaan logistik di luar dari partner rekanan bosOnline dan bosCOD, maka PT Hadid Parama Indonesia tidak bertanggung jawab dalam hal terdapat kendala pengiriman Produk.
- Pembeli akan tunduk pada Ketentuan Logistik bosCOD dengan kami dan perusahaan-perusahaan yang telah bekerja yang akan mengatur syarat dan ketentuan layanan pengiriman yang Anda pilih di Situs/Aplikasi. Dengan menyetujui Syarat dan Ketentuan ini, anda setuju untuk terikat dengan ketentuan dari Ketentuan Logistik bosCOD dan Penyedia Logistik. Jika anda tidak menyetujui Ketentuan Logistik, maka layanan pengiriman tidak dapat disediakan untuk anda.
PT Hadid Parama Indonesia berwenang untuk membuat perubahan, penggantian atau penyesuaian atas jenis pengiriman yang tersedia dari waktu ke waktu. Silakan baca Ketentuan Logistik bosCOD untuk syarat dan ketentuan lebih lanjut tentang pengiriman Produk. - Setiap ketentuan berkenaan dengan proses pengiriman Produk adalah wewenang sepenuhnya penyedia jasa layanan pengiriman Produk.
- Penjual wajib memenuhi ketentuan yang ditetapkan oleh jasa layanan pengiriman Produk tersebut dan bertanggung jawab atas setiap Produk yang dikirimkan.
- Penjual memahami dan menyetujui bahwa Penjual wajib memenuhi standar pengemasan pengiriman Barang berdasarkan ketentuan kategori Barang sebagai berikut:
- Cairan wajib menggunakan kemasan plastik, bubble wrap atau kemasan sejenis dengan fungsi serupa, karton atau kardus, lakban, peredam ruang kosong, lapisan luar paket, dan stiker fragile. Optional menggunakan packing kayu (biaya dibebankan kepada Pembeli atau Penjual sesuai dengan kesepakatan).
- Elektronik (baterai, komputer, handphone, dan laptop), barang pecah belah, barang tajam / runcing wajib menggunakan kemasan plastik, bubble wrap atau kemasan sejenis dengan fungsi serupa, karton atau kardus, lakban, peredam ruang kosong, lapisan luar paket, packing kayu (biaya dibebankan kepada Pembeli atau Penjual sesuai dengan kesepakatan), dan stiker fragile.
- Makanan wajib menggunakan kemasan plastik, bubble wrap atau kemasan sejenis dengan fungsi serupa, karton atau kardus, lakban, peredam ruang kosong, lapisan luar paket, dan stiker fragile.
- Lain-lain wajib menggunakan kemasan plastik, bubble wrap atau kemasan sejenis dengan fungsi serupa, karton atau kardus, lakban, dan peredam ruang kosong. Optional menggunakan lapisan luar paket, packing kayu (biaya dibebankan kepada Pembeli atau Penjual sesuai dengan kesepakatan), dan stiker fragile.
- Dalam hal terjadi kendala dalam proses pengiriman berupa barang hilang, barang rusak, dan lain sebagainya, Pembeli dan Penjual dapat melaporkan ke pihak bosCOD sesuai dengan ketentuan batas waktu pelaporan dan klaim masing-masing penyedia jasa layanan pengiriman Produk yang digunakan Pembeli dan Penjual.
- Informasi lebih lengkap terkait penyedia jasa layanan pengiriman Produk beserta dengan ketentuan yang berlaku pada masing-masing penyedia jasa layanan pengiriman Produk dapat dibaca DI SINI.
- Penggunaan Layanan Pengiriman
- Pengguna diwajibkan untuk melakukan verifikasi data diri melalui bosCOD terlebih dahulu untuk menggunakan layanan pembayaran COD.
- Setiap Produk yang dikirimkan menggunakan layanan pengiriman bosCOD berserta perusahaan-perusahaan logistik yang bekerja sama diwajibkan untuk menggunakan asuransi pengiriman yang ditanggung oleh Penyedia Logistik. Ketentuan yang mengatur pengiriman Produk dapat dibaca DI SINI.
6. Batasan Tanggung Jawab dan Disclaimer
-
Batasan Umum
bosOnline adalah portal web dengan model Costumer to Customer Form Order, yang menyediakan layanan kepada Pengguna untuk dapat menjadi Penjual maupun Pembeli melalui layanan bosOnline. Dengan demikian transaksi yang terjadi adalah transaksi antar Pengguna, sehingga Pengguna memahami bahwa batasan tanggung jawab PT Hadid Parama secara proporsional adalah sebagai penyedia jasa portal web.
PT Hadid Parama Indonesia selalu berupaya untuk menjaga Layanan bosOnline aman, nyaman, dan berfungsi dengan baik, tapi kami tidak dapat menjamin operasi terus-menerus atau akses ke Layanan kami dapat selalu sempurna. Informasi dan data dalam situs. bosOnline berkomitmen menjaga keamanan data Pengguna sesuai ketentuan hukum yang berlaku.
bosOnline memiliki kemungkinan tidak terjadi secara real time.
Pengguna setuju bahwa Anda memanfaatkan Layanan bosOnline atas risiko Pengguna sendiri, dan Layanan bosOnline diberikan kepada Anda pada “SEBAGAIMANA ADANYA” dan “SEBAGAIMANA TERSEDIA”.
Sejauh diizinkan oleh hukum yang berlaku, PT Hadid Parama Indonesia (termasuk Induk Perusahaan, direktur, dan karyawan) adalah tidak bertanggung jawab, dan Anda setuju untuk tidak menuntut PT Hadid Parama Indonesia bertanggung jawab, atas segala kerusakan atau kerugian (termasuk namun tidak terbatas pada hilangnya uang, reputasi, keuntungan, atau kerugian tak berwujud lainnya) yang diakibatkan secara langsung atau tidak langsung dari :
Penggunaan atau ketidakmampuan Pengguna dalam menggunakan Layanan bosOnline.- Harga, Pengiriman atau petunjuk lain yang tersedia dalam layanan bosOnline.
- Kelalaian dan kerugian yang ditimbulkan oleh masing-masing Pengguna.
- Kualitas Barang.
- Pengiriman Barang.
- Pelanggaran Hak atas Kekayaan Intelektual.
- Perselisihan antar Pengguna.
- Pencemaran nama baik pihak lain.
- Setiap penyalahgunaan Barang yang sudah dibeli pihak Pengguna.
- Kerugian akibat pembayaran tidak resmi kepada pihak lain yang mengatas-namakan bosOnline ataupun kelalaian penulisan rekening dan/atau informasi lainnya dan/atau kelalaian pihak bank.
- Pengiriman untuk perbaikan Barang yang bergaransi resmi dari pihak produsen. Pembeli dapat membawa Barang langsung kepada pusat layanan servis terdekat dengan kartu garansi dan faktur pembelian.
- Virus atau perangkat lunak berbahaya lainnya (bot, script, dan hacking tool) yang diperoleh dengan mengakses, atau menghubungkan ke layanan bosOnline.
- Gangguan, bug, kesalahan atau ketidakakuratan apapun dalam Layanan bosOnline.
- Kerusakan pada perangkat keras Anda dari penggunaan setiap Layanan bosOnline.
- Isi, tindakan, atau tidak adanya tindakan dari pihak ketiga, termasuk terkait dengan Produk yang ada dalam situs bosOnline yang diduga palsu.
- Tindak penegakan yang diambil sehubungan dengan akun Pengguna.
- Adanya tindakan peretasan yang dilakukan oleh pihak ketiga kepada akun Pengguna.
- Disclaimer Transaksi
Seluruh transaksi yang dilakukan melalui bosOnline adalah hubungan hukum langsung antara Penjual dan Pembeli, sehingga PT Hadid Parama Indonesia selaku pemilik dan pengelola bosOnline bukan pihak dalam transaksi tersebut dan tidak memiliki kewajiban maupun tanggung jawab atas perundingan, keabsahan, pelaksanaan, maupun akibat dari transaksi. Peran bosOnline terbatas sebagai penyedia infrastruktur teknologi, bukan sebagai penjual, pembeli, agen, perantara, atau penjamin.
Tanpa mengurangi keumuman hal di atas, PT Hadid Parama Indonesia:- Tidak bertanggung jawab atas syarat dan pelaksanaan transaksi antara Pengguna dan Pembeli.
- Tidak memberikan jaminan atas keakuratan, legalitas, atau keabsahan produk/layanan yang dipasarkan.
- Tidak menanggung risiko atas sengketa, pembatalan, pengembalian dana, atau klaim lainnya antara Penjual dan Pembeli.
- Tidak menjamin mutu, pengiriman, keamanan, maupun kinerja produk/layanan dari pihak Penjual.
- Tidak bertanggung jawab atas kerugian finansial langsung maupun tidak langsung yang timbul dari transaksi.
- Force Majeure (Keadaan Kahar)
PT Hadid Parama Indonesia dibebaskan dari tanggung jawab atas kegagalan layanan yang disebabkan oleh faktor di luar kendali, seperti bencana alam, kebijakan pemerintah, pemadaman listrik, atau gangguan jaringan.
- Pelepasan
Jika Anda memiliki perselisihan dengan satu atau lebih Pengguna, Anda melepaskan PT Hadid Parama Indonesia (termasuk Induk Perusahaan, Direktur, dan karyawan) dari klaim dan tuntutan atas kerusakan dan kerugian (aktual dan tersirat) dari setiap jenis dan sifatnya , yang dikenal dan tidak dikenal, yang timbul dari atau dengan cara apapun berhubungan dengan sengketa tersebut, termasuk namun tidak terbatas pada kerugian yang timbul dari pembelian Produk yang telah dilarang pada ketentuan Nomor 4 Huruf C. Jenis Barang. Dengan demikian maka Pengguna dengan sengaja membebaskan dan mengganti kerugian (indemnify and hold harmless) PT Hadid Parama Indonesia dari segala klaim, kerugian, atau tanggung jawab yang timbul sejauh tidak disebabkan oleh kesalahan atau kelalaian bosOnline.
7. Ketentuan Lain
- Apabila Pengguna mempergunakan fitur/layanan yang tersedia dalam Situs/Aplikasi bosOnline, maka Pengguna dengan ini menyatakan memahami dan menyetujui segala syarat dan ketentuan yang diatur khusus sehubungan dengan fitur/layanan yang digunakan.
- Segala hal yang belum dan/atau tidak diatur dalam syarat dan ketentuan khusus dalam fitur tersebut maka akan sepenuhnya merujuk pada syarat dan ketentuan bosOnline secara umum.
- Dengan menyetujui Syarat dan Ketentuan bosOnline, maka Pengguna telah dianggap tunduk pada Kebijakan Privasi bosOnline.
8. Pembaharuan Ketentuan
- Syarat & ketentuan mungkin diubah dan/atau diperbaharui dari waktu ke waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. PT Hadid Parama Indonesia menyarankan agar anda membaca secara seksama dan memeriksa halaman Syarat & Ketentuan ini dari waktu ke waktu untuk mengetahui perubahan apapun.
- Dengan tetap mengakses dan menggunakan layanan bosOnline, maka pengguna dianggap menyetujui perubahan-perubahan dalam Syarat & Ketentuan.
9. Hubungi Kami
Apabila Anda memiliki pertanyaan mengenai Kebijakan Privasi ini, mohon untuk menghubungi kami melalui kanal yang telah kami sediakan di Situs atau Aplikasi Mobile.
