Cara Mengirim Pesan Follow Up ke Customer di bosOnline

Home/Artikel Orders / Cara Mengirim Pesan Follow Up ke Customer di bosOnline

Halo Sahabat bosOnline! 👋 Kini kamu bisa melakukan follow up secara praktis kepada customer langsung dari bosOnline. Dengan begitu, proses order semakin jelas dan pelayanan bisnismu jadi lebih optimal!


Pertama, login ke akun bosOnline kamu.
Setelah itu, pilih menu Manajemen Order, lalu buka submenu Daftar Order Masuk.

(Masuk menu daftar order masuk)

Selanjutnya, untuk menemukan fitur Follow Up, kamu bisa menggeser tabel ke arah kiri. Menu Follow Up Status berada di bagian paling akhir tabel.

(Menu follow up status)

Setelah klik tombol Kirim Welcome, akan muncul pop-up Kirim Pesan Follow Up. Di dalam pop-up ini kamu bisa:

  • Melihat nama customer
  • Mengecek nomor WhatsApp customer yang akan menerima pesan
  • Mengedit isi pesan follow up sebelum dikirim

Di bagian kiri, tersedia beberapa template pesan follow up sesuai kebutuhanmu, seperti:

  • Welcome (pesan sambutan awal)
  • Follow Up 1 – 4
  • Up Selling
  • Proses Order
  • Order Selesai

Silakan pilih template yang kamu ingin kirim, sesuaikan isi teksnya bila perlu, lalu klik Kirim Pesan. Pesanmu akan langsung dikirim ke WhatsApp customer!

(Pop up kirim pesan follow up)

Pesan Welcome adalah pesan sambutan yang dikirim ke customer setelah mereka melakukan order pertama di tokomu. Fungsinya untuk memberikan kesan pertama yang baik, memastikan pesanan sedang diproses, serta membangun kepercayaan customer.

Kapan dikirim?
Segera setelah order masuk sebelum proses pengiriman dimulai. Di halaman ini, kamu juga bisa menyesuaikan:

  • Nama customer
  • Nomor WhatsApp tujuan
  • Isi teks pesan yang ingin kamu kirim
(Field pop up welcome)

Lanjut ke Follow Up 1 adalah pesan tindak lanjut pertama yang dikirim ke customer setelah mereka melakukan order, tapi:

  • Belum melakukan pembayaran atau
  • Belum memberikan konfirmasi pesanan

Tujuannya untuk mengingatkan secara halus bahwa masih ada langkah yang perlu mereka selesaikan agar pesanan bisa diproses.

(Follow up 1)

Follow Up 2 adalah pengingat kedua yang dikirim ke customer ketika:

  • Pembayaran masih belum dilakukan
  • Follow Up 1 sudah dikirim, tapi belum ada respon
  • Pesanan masih berstatus menunggu pembayaran

Di tahap ini, pesan dibuat lebih meyakinkan customer untuk segera menyelesaikan pembayaran, agar pesanan tetap diproses dan tidak kedaluwarsa

(Follow up 2)

Follow Up 3 adalah pengingat yang dikirim ke customer yang belum menyelesaikan pembayaran setelah dua kali dihubungi sebelumnya.

Pada tahap ini, kamu memberi informasi bahwa pesanan bisa dibatalkan otomatis, atau stok akan dilepas kembali jika tidak ada konfirmasi dalam waktu tertentu.

(Follow up 3)

Follow Up 4 adalah pengingat terakhir untuk customer yang belum juga menyelesaikan pembayaran setelah 3 kali dihubungi sebelumnya.

Pesan ini dikirim untuk:

  • Memastikan customer masih benar-benar berminat
  • Menyampaikan bahwa pesanan bisa dibatalkan otomatis
  • Memberikan batas waktu terakhir untuk melakukan pembayaran
(Follow up 4)

Upselling adalah strategi untuk menawarkan produk tambahan atau produk dengan nilai lebih tinggi kepada customer yang sudah pernah atau sedang melakukan pembelian.

Dengan upselling, kamu bisa:

  • Meningkatkan nilai transaksi (lebih banyak pemasukan)
  • Memberikan rekomendasi produk yang lebih bermanfaat untuk customer
  • Mendorong customer membeli produk premium atau yang sedang promo

Kamu bisa menyesuaikan isi pesan follow up sesuai dengan produk yang kamu jual, sehingga lebih relevan dan menarik untuk customer.

(Up selling)

Proses Order adalah pesan follow up yang dikirim kepada customer setelah mereka melakukan pemesanan, namun:

  • Belum melakukan pembayaran
  • Pembayaran sedang diproses
  • Menunggu konfirmasi dari customer (alamat, metode pengiriman, dsb)

Tujuannya:

  • Mengingatkan customer untuk segera menyelesaikan proses order
  • Mengurangi order yang menggantung / abandoned
  • Menjaga komunikasi agar customer merasa diperhatikan
(Proses order)

Order Selesai adalah pesan follow up setelah pesanan customer sudah diterima dengan baik.

Tujuannya:

  • Mengucapkan terima kasih & meningkatkan kepuasan customer
  • Mengajak mereka memberikan feedback atau review
  • Mempersiapkan mereka untuk pembelian berikutnya (loyalty)

Pesan ini sangat penting untuk menjaga hubungan jangka panjang dengan customer.

(Order selesai)

Nah, sekarang kamu sudah tahu kegunaan dari masing-masing jenis follow up. Untuk kasus ini, kita akan coba mengirim pesan Welcome terlebih dahulu.
Jika teks follow up-nya dirasa sudah sesuai, kamu bisa langsung klik Kirim Pesan. Setelah kamu klik kirim pesan, maka akan diarahkan ke whatsapp

(Kirim pesan welcome)
(Diarahkan ke halaman whatsapp)

Apakah pertanyaan Anda terjawab?

😞
😐
😃